lingkungan hidup

JAKARTA, - Sekitar enam miliar orang di dunia menggantungkan oksigennya dari hutan dunia yang luasnya hanya 30 persen dari seluruh total daratan bumi. Di Indonesia saja, menurut data Statistik Kehutanan Indonesia, di tahun 2007 area hutan Indonesia sekitar 133 juta hektar dari 191 juta hektar luas daratan.

Sedangkan di Amerika, luas hutannya hanya 303 juta hektar dari 916 juta hektar total luas daratannya.

Informasi mengenai perbandingan luas area hutan dan luas negara tersebut dipaparkan pada papan hijau zona hutan Green Festival 2009 di Parkir Timur Senayan Jakarta, Minggu (6/12).

Untuk area hutan di Indonesia, menurut informasi di papan zona hutan, Indonesia memiliki kawasan hutan yang sangat luas, yakni sekitar 133,7 juta hektar yang luasnya lebih besar dibandingkan hutan di Inggris, Jerman, Perancis, dan Finlandia.

Indonesia juga memiliki hutan bakau atau mangrove terluas di dunia, yakni sekitar 19 persen dari total luas hutan bakau di dunia ada di Indonesia pada tahun 2005. Sementara di tahun 2008, menurut data Kementrian Lingkungan Hidup, luas hutan bakau di Indonesia sekitar 9,2 juta hektar.

Dari 9,2 juta hektar hutan bakau yang ada, menurut data di papan zona pohon, hanya 2,5 juta hektar yang berkondisi baik. Sisanya, 4,5 juta hektar rusak sedang, dan 2,1 juta hektar dinyatakan rusak. Kondisi tersebut patut disayangkan. Pasalnya, tanaman bakau sangat berguna menahan abrasi dan gelombang tsunami.

Disampaikan pula di papan zona pohon, secara umum pohon memiliki banyak fungsi. Pohon mampu menyerap karbon dioksida, mengeluarkan oksigen, dan menurunkan suhu udara dengan uap air dari daunnya. Satu pohon mampu memberi oksigen untuk 18 orang per tahun. Dalam setahun, satu pohon bisa menyerap karbondioksida sebanyak yang dihasilkan mobil yang berjalan sejauh 14 km.

Selain itu pohon turut meningkatkan kualitas air dengan memperlambat dan menyaring air hujan serta menjaga tanah. Akar pohon mampu menjaga tanah tetap stabil dan mencegah erosi. Zona Pohon Green Festival 2009 memberikan pendidikan lingkungan kepada pengunjung, terutama yang berkaitan dengan pohon.

Di zona ini, juga terdapat "Wish Tree" berupa sebatang pohon tempat pengunjung menggantung harapan-harapan mereka yang ditulis di sebuah kertas. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Green Festival 2009 menggelar beberapa zona lingkungan seperti zona pohon, air, kendaraan, listrik, dan sampah.

Green Festival merupakan acara kampanye lingkungan yang digelar Green Initiative Forum di Parkir Timur Senayan Jakarta, 5-6 Desember dengan tujuan menyebarkan sekaligus menyadarkan masyarakat bahaya pemanasan global.

0 Comments:

Post a Comment



EARTH DAY for GLOBALWARMING | Template by - Abdul Munir - 2008